Sabtu, 23 April 2011

Shear Force & Bending Moment

Tegangan pada badan kapal dapat terjadi dengan adanya dua gaya yang timbul yaitu :

1. Gaya Statis, disebabkan oleh :
  • Berat Massa kapal yang tidak merata baik membujur maupun meintang kapal.
  • Gaya Apung kapal yang tidak merata pada tiap titik secara membujur kapal baik pada waktu kapal di pelabuhan maupun di laut.
  • Tekanan air secara langsung pada badan kapal.
  • Beban yang terdapat di atas kapal seperti mesin, tiang kapal, batang pemuat.
2. Gaya Dinamis, disebabkan oleh :
  • Anggukan (pitching), goyangan (heaving), dan rolling.
  • Angin, ombak, dan alun.
Gaya statis dan dinamis yg timbul menyebabkan lengkungan dan tegangan pada bagian bangunan kapal secara membujur maupun melintang, sehingga bangunan kapal tidak menyatu sesuai dengan perhitungan pembuatnya.
Tegangan (stresses) yaitu respon dari sebuah benda apabila mendapat pengaruh (tarikan/tekanan/dorongan/beban) dari luar untuk mempertahankan pada kedudukan normalnya. Bagian-bagian dari benda tsb. beraksi mempertahankan kedudukannya agar tidak berubah (meregang).
Tensile & Compressive Stresses adalah beban yang menimbulkan sebuah benda meregang (memanjang/membesar) disebut beban regang (tensile load).
Shear Stresses (tegangan pematah) yaitu tegangan pada suatu benda yang diakibatkan adanya beban dengan arah tegak lurus poros benda padasatu bagian dan di bagian lain dari benda tsb. tidak mendapat beban. 
 LOAD/AREA = W/A
Bending Moment yaitu moment yang ditimbulkan oleh satu gaya atau lebih pada suatu benda sehingga benda tsb. ada kecenderungan berubah bentuk (melengkung).

1 komentar:

  1. bending moment dan shear force pada gerakan rotasi ada apa g???

    BalasHapus